Sejarah Perpustakaan UNP

Keberadaan Perpustakaan UNP dengan kondisi yang sekarang ini tidak terlepas dari perjalanan sejarah perkembangan lembaga induknya. Universitas Negeri Padang diawali dengan berdirinya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar berdasarkan Surat Keputusan Menteri P dan K Prof. M.Yamin, S.H. tanggal 23 Oktober 1954. Semenjak itu Perpustakaan UNP (Perpustakaan PTPG) juga mulai dibangun dengan kondisi yang sangat sederhana sekali dengan tujuan untuk melengkapi persyaratan sebuah perguruan tinggi. Perpustakaan PTPG dibangun dengan fasilitas koleksi yang terbatas tanpa memiliki staf yang khusus Pustakawan atau tidak memiliki pendidikan formal kepustakawanan.

Pengintegrasian PTPG ke Universitas Andalas berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 1956, dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ikut membawa perubahan pada Perpustakaan PTPG Batusangkar. Mulai 1 September 1956 Perpustakaan PTPG berubah menjadi Perpustakaan FKIP Unand yang bertempat di Kampus Unand Padang di Kawasan Pondok. Dengan berintegrasinya semua Program B1 yang ada di Sumatera Barat (B1 Bahasa Inggris di Bukittinggi, B1 Ilmu Pasti, Ilmu Perniagaan, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Jasmani di Padang) ke FKIP Unand pada 1961, Perpustakaan FKIP Unand semakin berkembang. Selama periode 1958-1964 Perpustakaan FKIP Unand menempati ruangan berukuran 8 x 12 meter dengan jumlah koleksi 2000 eksemplar, dan 3 orang staf perpustakaan (pustakawan) di bawah pimpinan Mr. Ang Le Kwang sebagai kepala Perpustakaan. Dalam periode itu juga kepala perpustakaan diganti oleh Damchiwa, S.H, yang kemudian dilanjutkan oleh Drs. Addrin Kahar. Periode Perpustakaan FKIP Unand berakhir tahun 1964 bersamaan dengan berubahnya status FKIP Unand menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta) cabang Padang.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 162 tahun 1965, terhitung 30 Agustus 1965, IKIP Jakarta Cabang Padang berubah status menjadi IKIP Padang. Pada masa ini berdiri 5 fakultas: 1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 2) Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), yang kemudian menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), sekarang menjadi FMIPA, 3) Fakultas Keguruan Pendidikan Sosial (FKPS), Sekarang menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 4) Fakultas Keguruan Sastra dan Seni(FPBS), sekarang menjadi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), 5) Fakultas Keguruan Tekni (FKT), sekarang menjadi Fakultas Teknik (FT). Semenjak Mei 1966 semua kegiatan IKIP Padang dipindahkan dari Kampus Pondok ke Kampus Air Tawar. Pada tahun 1977, Sekolah Tinggi Ilmu Olahraga (STO) bergabung dengan IKIP Padang dengan nama Fakultas Kegurutan Ilmu Keolahragaan (FKIK), sekarang menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Seiring dengan perkembangan itu Perpustakaan IKIP Padang juga mengalami perkembangan yang cukup berarti. Pada periode 1966 sampai 1971 Perpustakaan IKIP Padang menempati ruangan khusus yang berukuran lebih kurang 200 m2, dengan jumlah koleksi sekitar 3000 eksemplar, dan 9 orang tenaga Pustakawan. Pada masa ini Perpustakaan IKIP Padang dikepalai oleh Drs. Thamrin Thalaud.

Pada tahun 1971, Perpustakaan IKIP Padang pindah ke gedung permanen berlantai dua yang beralokasi di kompleks Fakultas Ilmu Sosial,disekitar lokasi Pusat Komputer sekarang. Dengan luas gedung sekitar 200 m2. Perpustakaan telah memiliki koleksi 320 judul dengan jumlah 3.600 eksemplar dan 16 orang staf Pustakawan.Sampai tahun 1973 Perpustakaan IKIP Padang masih dikepalai oleh Drs. Thamrin Thalaud, yang kemudian diganti oleh Drs. Barhaya Ali (1974-1975) yang kemudian dilanjutkan oleh Drs. Zainuddin H.R.Lenggang sampai 1993.

Pada masa kepemimpinan Drs. Zainuddin HRL, tepatnya pada 1980, Perpustakaan IKIP Padang menempati gedung baru berlantai dua dengan ukuran 1.630 m2. Pemanfaatan gedung ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Daoed Yoesoef pada tanggal 19 Maret 1986. Perpustakaan IKIP Padang mendapatkan tambahan gedung seluas 600 m2. Kedua gedung ini sekarang ditempati oleh Program Pasca Sarjana dan Program Magister Manajemen UNP.

Pada periode ini Perpustakaan mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dalam hal koleksi, fasilitas fisik, maupun sumber daya manusia. Selama kurun waktu 1980-1994, koleksi Perpustakaan IKIP Padang mencapai 31.380 judul dengan jumlah 159.848 eksemplar. Koleksi ini tidak hanya terdiri dari buku teks, tapi juga jurnal, majalah, surat kabar, kaset video dan audio, mikrovis, mikro film, dan pesawat televisi dengan satelit parabola. Dari 80 orang staf perpustakaan, 32 orang diangkat menjadi pejabat fungsional pustakawan. Sementara itu, Perpustakaan IKIP Padang mengirim 3 orang pustakawan untuk mengikuti pendidikan ke program magister (S2|) dalam dan luar neger, serta beberapa orang mengikuti program pendidikan lanjut sarjana dan diploma di beberapa universitas di Pulau Jawa. Selain itu, hampir semua pustakawan mendapat kesempatan mengikuti pelatihan kepustakawanan, baik tingkat lokal, regional, maupun nasional.

Pada Agustus 1994, Perpustakaan IKIP Padang pindah ke gedung berlantai lima dengan ukuran 5.000 m3, gedung yang ditempati sampai sekarang. Pemanfaatan gedung ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Wardiman Djayonegoro pada tanggal 9 Juni 1995. Pada masa ini koleksi Perpustakaan IKIP Padang mencapai 33.320 judul dengan jumlah buku teks 161.068 eksemplar, terbitan berkala 150 judul, surat kabar dan tabloid 35 judul, kaset audio 587 judul, kaset video 55 judul, 3 judul film dokumenter, 7 judul slide, dan 8.039 lembar mikrofis (ERIC-USA).Pada periode ini Perpustakaan IKIP Padang juga mulai melakukan otomasi untuk katalog koleksi.

Pada periode 1993-1997, Perpustakaan IKIP Padang dikepalai oleh Drs. Barhaya Ali, M.L.S yang memimpin 82 orang pustakawan.Masa ini juga Perpustakaan IKIP padang telah memiliki 3 orang pustakawan berkualifikasi magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1 orang sarjana ilmu perpustakaan dan 2 orang sarjana plus ilmu perpustakaan, serta 6 orang diploma ilmu perpustakaan.Kemudian juga terjadi penambahan koleksi yang meningkat melalui berbagai sumber dana proyek.

Pada periode berikutnya (1997-1999), Perpustakaan IKIP Padang dikepalai oleh Dra. Gusmar Bahar, seorang pustakawan senior pertama yang dipercaya memimpin Perpustakaan IKIP Padang. Berbagai perubahan terutama penataan ke dalam terus dilakukan, termasuk pembenahan organisasi. Masa ini Perpustakaan IKIP Padang tetap mengirim pustakawan untuk mengikuti studi lanjut ke program diploma (D3), sarjana (S1) dan magister (S2). Penambahan koleksi juga terus dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber dana.

Bersamaan dengan perubahan IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang, Perpustakaan IKIP Padang juga berubah menjadi Perpustakaan UNP. Periode 1999-2002, Perpustakaan UNP dikepalai oleh Dr. Maizuar, M.Pd. Pada masa ini Perpustakaan UNP mengalami peningkatan dalam pemanfaatan teknologi informasi, seperti online public access catalogue (OPAC) yang terpasang dalam bentuk jaringan lokal (LAN) dengan 8 terminal yang menyebar dari lantai 1 sampai lantai 5. Pada masa ini juga Perpustakaan UNP mulai menggunakan jaringan Internet yang terdiri dari 12 unit komputer dan dipergunakan oleh mahasiswa. Kemajutan lain yang dicapai Perpustakaan UNP adalah peningkatan kerja sama dengan lembaga lain, seperti PDII-LIPI, Perpustakaan Mahaputra Muhammad Yamin, dan lain-lain.

Periode 2002-2008, Perpustakaan UNP dikepalai oleh Drs. Yunaldi, M.Si, seorang pustakawan senior alumni Universitas Indonesia. Preoritas pengembangan pustakawan diarahkan keberbagai sektor strategis dalam rangka memasuki era informasi global, seperti penataan sistem mananjemen perpustakaan, pemantapan basis teknologi informasi, pengembangan sumber daya manusia, pengoptimalan sumber daya finansial, dan kesejahteraan pustakawan. Pada masa ini Perpustakaan UNP mulai mengembangkan Student Service Center (SSC) yang menempati ruangan lantai dasar Perpustakaan UNP.SSC ini nantinya diharapkan mampu melayani berbagai kebutuhan mahasiswa, dosen dan karyawan. Disamping itu, pengembangan koleksi terus ditingkatkan dengan menggunakan berbagai sumber dana seperti : DIP dan DIKS, yang diarahkan untuk program studi baru. Untuk pengembangan sumber daya dalam arti kualitas dan kwantitas terus ditingkatkan, dengan mengirim pustakawan untuk melakukan pendidikan lanjut dan perekrutan tenaga pustakawan baru yang berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan dan informasi.

Periode 2008-2013, Perpustakaan UNP dikepalai oleh Drs. Sutarman Karim, M.Si. Pada masa ini perkembangan Perpustakaan UNP lebih diutamakan kepada implementasi teknologi Informasi disegala lini. Mulai dari pelayanan sirkulasi sampai dengan pengelolaan KKI dilakukan dengan sistem komputer. Periode ini semua koleksi yang berasal dari civitas akademika dalam bentuk Tugas Akhir, Skripsi, Thesis, Desertasi serta Penelitian Dosen dan Pegawai diterima dalam bentuk softcopy. Kemudian kwalitas sumber daya tetap terus diupaya untuk tingkatkan melalui pelatihan, magang, pendidikan lanjut dan seminar. Priode 2014-2018 kembali dipimpin oleh Drs. Yunaldi, M.Si.

STAF PERPUSTAKAAN

UNDUH APLIKASI EBOOKS UNP
E-JURNAL/E=BOOKS
     

      

       
       
   
   
   
   
   
KARYA ILMIAH

E-Books

SOFWARE TESTING AND QUALITY ASSURANCE: TEORY AND PTACTICE

LOW TECH HACKING: STREET SMARTS FOR SECURITY PROFESIONALS

CEH: CERTIFIED ETHICAL HACKER STUDY GUIDE

HANDBOOK OF ELLIPTIC AND HYPERELLIPTIC CURVE CRYPTOGRAPHY

DATA AND COMPUTER COMMUNICATIONS

INTRODUCTION TO DATA COMPRESSION

Skripsi(S1)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P4 (PREPARATION, PRESENTATION, PRACTICE, PERFORMANCE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI.IS.2 SMA N 1 PARIAMAN

SOSIALISASI NILAI KEMANDIRIAN DALAM KELUARGA (STUDI KASUS : 5 KELUARGA PENCETAK BATU BATA DI KORONG LABUAH NAGARI TOBOH KETEK KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIMAN)

RESPON ORANG TUA TERHADAP PENERAPAN SISTEM UKT DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

FAKTOR KURANG AKTIFNYA POSYANDU LANSIA MAWADDAH DI KELURAHAN BUNGO PASANG KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

PEMBAGIAN TUGAS DALAM KELUARGA PEDAGANG GARENDONG: STUDI KASUS KELUARGA PEDAGANG GARENDONG PEREMPUAN DI PASAR IBUH KOTA PAYAKUMBUH

PENYIMPANGAN PERILAKU SOPIR TRAVEL LIAR: STUDI KASUS 3 SOPIR TRAVEL TRAYEK SUNGAI PAKNING- PEKANBARU

Proyek Akhir

EVALUASI PERENCANAAN JAM KERJA ALAT PEREMUK MOBILE CRUSHER II, LIMESTONE CRUSHER II, LIMESTONE CRUSHER IIIA, LIMESTONE CRUSHER IIIB, UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI TAHUN 2013 DI PT. SEMEN PADANG, BUKIT KARANG PUTIH, INDARUNG, KECAMATAN LUBUK KILANGAN, KOTA PADANG

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SALIDO KAB. PESISIR SELATAN BERBASIS WEB

PEMASANGAN TUTUP GALON AIR MINUM OTOMATIS BERBASIS PLC

EVALUASI KESESUAIAN KAPASITAS POMPA DENGAN VOLUME AIR YANG MASUK KE KOLAM PIT BARAT DAN PIT TIMUR DI PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA

EVALUASI KEMAMPUAN MESIN ANGIN PADA LORONG MANUAL LOBANG PENAMBANGAN BATUBARA D-04 CV. PUTRI SURYA PRATAMA NATURAL

EVALUASI KESESUAIAN KAPASITAS POMPA DENGAN VOLUME AIR YANG MASUK KE KOLAM PIT BARAT DAN PIT TIMUR DI PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA: TAMBANG TERBUKA PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA MUARA BUNGO, JAMBI

Laporan Akhir(D3)

HUBUNGAN FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA K-POPERS (PENGGEMAR K-POP) DI KOTA PADANG

ANALISIS JANUARY EFFECT PADA SAHAM YANG TERGOLONG KE DALAM MAIN BOARD INDEX(MBX) DI BURSA EFEK INDONESIA

PENGARUH STRES KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN PADA PT. PRIORITAS CABANG LUBUK BASUNG

MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADATOKO NELA

TATA CARA PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN PADA UNIT PELAYANAN TEKNIS DINAS (UPTD) SAMSAT PADANG

ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PIUTANG PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI

Tesis(S2)

ANALISIS KEMAPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN SOAL TIMSS PADA SISWA KELAS VIII MTSN DI KABUPATEN TANAH DATAR

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK SEMESTER GANJIL KELAS XI IPA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI INTEGRASI TEORI DAN PRAKTIKUM PADA MATERI LARUTAN ASAM-BASA UNTUK SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERINTEGRASI KELISTRIKAN JANTUNG

PENGEMBANGAN MODUL LARUTAN PENYANGGA BERBASISI DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL TANDUR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS

Disertasi

PENGEMBANGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN E-LEARNING EDMODO PADA MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN

PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATION GAP ACTIVITIES BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING MELALUI GAMBAR UNTUK MATA KULIAH SPEAKING DI PERGURUAN TINGGI

PENGEMBANGAN MODEL FASTER LEARNING PADA MATA KULIAH BAHASA PEMROGRAMAN.

PENGEMBANGAN MODEL THEMATIC PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH EMBEDDED SYSTEM

PENGEMBANGAN MODEL ARSITEKTUR MANAJEMEN ASET BAGI PERGURUAN TINGGI BERBASIS KERANGKA KERJA CONTROL OBJECTIVE FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY (COBIT)

AN EVALUATION OF THE ENGLISH TEACHERS’ MANAGEMENT OF THE TEACHING AND LEARNING PROCESS OF GENRE-BASED WRITING INSTRUCTION AT SENIOR HIGH SCHOOL

Karya Ilmiah Dosen / Karyawan

PROGRAM PROFESI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS NILAI-NILAI 8TH HABITS

PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PERATURAN METERI NO. 58 TAHUN 2009

PENGETAHUAN TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN, SIKAP, DAN MOTIVASI GURU

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND

THE EFFECT OF WIGHT TRAINING WITH FAST AND SLOW RHYTM MOVEMENT TOWARDS STRENGHT ENHANCEMENT

PERCEPTION STUDENTS AGAINST MODIFICATION OF LEARNING THROUGH SMALL GAME IN EDUCATION SPORT AND PHYSICAL HEALTH IN JUNIOR HIGH SCHOOL

Laporan Penelitian

KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PENJASKESREK FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PENYELESAIAN PERKULIAHAN

STUD1 KOMPARATIF SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN GURU TEKNOLOGI & KEJURUAN DI INDONESIA DENGAN INSTITUTE TECHNOLOGY AND EDUCATION UNIVERSTAT RREMEN (JERMAN)

PROFESIONALISME PENDIDIK DAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM ORIENTASI TEKNIS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI TK PERTIWI VI KOTA PADANG

EFEKTIVITAS OUTBOUND DALAM PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TK PERTIWI VI KOTA PADANG

Proseding

PROSIDING SEMINAR NASIONAL: KREATIFITAS PERPUSTAKAAN PADA ERA DIGITAL DALAM MENYEDIAKAN SUMNER INFROMASI BAGI GENERASI DIGITAL NATIVE

PROSIDING SEMINAR NASIONAL "PENGUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERGURUAN TINGGI, PERSEKOLAHAN, DAN KEMASYARAKATAN DI ERA DISRUPSI” AULA GEDUNG F FKIP UNS TANGGAL 6 JULI 2019

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGEMBANGAN PANGAN FUNGSIONAL BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL MENUJU KETAHANAN PANGAN

SEMINAR NASIONAL MULTIMEDIA DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE SMAI YOGYAKARTA, 6 OKTOBER 2018 Tema: ―Big Data & Artificial Intelligence di Era Revolusi Industri 4.0‖

PROSIDING Seminar Nasional Agrologistik 2018 Agrologistik 4.0 Peluang dan Tantangan di Era Digital IPB International Convention C.enter Bogor, 18 September 2018

Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers : Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bisnis dan Manajemen