By. Idrizon, M.Kom

 

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik.Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di photo atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.

Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip-prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.Karakteristik hologram Hologram, memiliki karakteristik yang unik. Beberapa diantaranya yaitu: Cahaya, yang sampai ke mata pengamat, yang berasal dari gambar yang direkonstruksi dari sebuah hologram adalah sama dengan yang apabila berasal dari objek aslinya. Seseorang, dalam melihat gambar hologram, dapat melihat kedalaman, paralaks, dan berbagai perspektif berbeda seperti yang ada pada skema pemandangan yang sebenarnya.Hologram dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil hologram.jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, masing-masing bagian dapat digunakan untuk mereproduksi lagi keseluruhan gambar. Walau bagaimanapun, penyusutan dari ukuran hologram, dapat menyebabkan penurunan perspektif dari gambar, resolusi, dan tingkat kecerahan dari gambar.

Dari sebuah hologram dapat direkonstruksi dua jenis gambar, biasanya gambar nyata (pseudoscopic) dan gambar maya (orthoscopic) Sebuah hologram tabung dapat memberikan pandangan 360 derajat dari objek Lebih dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografi yang sama yang dapat dilihat dari satu per satu dalam satu kesempatan. (sumber : Wikipedia)

Adapun Hologram stiker merupakan jenis segel dan lebel untuk security produk karena didalamnya disematkan teknologi pengamanan tingkat tinggi, Dalam pembuatan stiker hologramtidak dapat dibuat dengan mesin cetak biasa seperti kebanyakkan stiker cetak yang ada dipasaran..Sebagai contoh pembuatan stiker segel biasa cukup dengan menggunakan film.master tipis selembar seng.

Selain itu hologram stiker menggunakan teknologi termodern yaitu laser computer film dengan master atau moldingnya terbuat dari baja sehingga harga moldingnya pun cukup mahal berkisar 6 -8 juta untuk satu desain, dengan teknologi sehebat ini dapat dikatakan stiker hologram memilki tingkat pengamanan mendekati pengaman uang ,karena sperti halnya uang anda bisa menyisipkan Hidden Text atau logo produk/ perusahaan anda didalam hologram dengan character tertentu sehingga memudahkan anda mengidentifikasi produk anda dengan menggunakan inframerah atu ultraviolet. Keunggunlan lain dari stiker hologram selain tingkat pengaman yang tinggi juga memilki unsur kemewahan, keindahan dan ekslusif, mengapa demikian karena didalam stiker hologram disematkan berbagai efek diantaranya efek flip flop, 2D dan 3D bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda muncul berbagai gambar yang indah dengan warna yang menarik.

 

A.    Karakteristik Hologram

Hologram, memiliki karakteristik yang unik. Beberapa diantaranya yaitu: 

  Cahaya, yang sampai ke mata pengamat, yang berasal dari gambar yang direkonstruksi dari sebuah hologram adalah sama dengan yang apabila berasal dari objek aslinya. Seseorang, dalam melihat gambar hologram, dapat melihat kedalaman, paralaks, dan berbagai perspektif berbeda seperti yang ada pada skema pemandangan yang sebenarnya. 

    Hologram dari suatu objek yang tersebar dapat direkonstruksi dari bagian kecil hologram. jika sebuah hologram pecah berkeping-keping, masing-masing bagian dapat digunakan untuk mereproduksi lagi keseluruhan gambar. Walau bagaimanapun, penyusutan dari ukuran hologram, dapat menyebabkan penurunan perspektif dari gambar, resolusi, dan tingkat kecerahan dari gambar. 

     Dari sebuah hologram dapat direkonstruksi dua jenis gambar, biasanya gambar nyata (pseudoscopic) dan gambar maya (orthoscopic). 

      Sebuah hologram tabung dapat memberikan pandangan 360 derajat dari objek 

      Lebih dari satu gambar independen yang dapat disimpan dalam satu pelat fotografiyang sama yang dapat dilihat dari satu per satu dalam satu kesempatan.

 

 B.    Jenis-Jenis Hologram

Hologram Label Dan Hologram Seal / Segel

Hologram seal / segel sering juga disebut dengan tamper evident. Perbedaan antara hologram label dengan hologram seal / segel adalah : Hologram seal / segel akan rusak apabila dicabut dari bidang permukaan ditempelnya dan hologram seal / segel yang sudah dicabut tidak akan bisa direkatkan kembali. Sedangkan hologram label tidak akan rusak apabila dicabut dari bidang permukaan ditempelnya, seperti kertas, kaca, plastic, dan lain - lain. Teknik pembuatan hologram label dan hologram seal / segel dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

 1. Hologram 2D / 3D

Pembuatan hologram jenis ini adalah dengan menggabungkan beberapa layer yang diberi jarak sehingga menyerupai efek 3D dan mempunyai kedalaman, bisa berupa image, teks maupun logo. Untuk membuat hologram jenis ini diperlukan desain awal yang terbuat dari artwork atau fotografi full colour. Hologram ini mudah diamati oleh orang umum karena logo atau gambar yang dibuat image hologram tampak asli dan jernih.Hologram True Colour dan hologram Flip-Flop termasuk dalam jenis hologram ini.

 2. Hologram Dot Matrik

Pembuatan hologram dengan menggunakan peralatan komputer ini akan menghasilkan hologram yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (dot) yang sudutnya diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan efek-efek khusus, seperti: 

  Moving : efek bergerak jika mengubah sudut pandang 

  Running : efek bergerak lari (kiri-kanan, atas-bawah) jika mengubah sudut pandang 

  Breathing : efek kembang kempis jika mengubah sudut pandang 


Kecerahan hasil dari hologram jenis dot matrik lebih baik dibanding dengan hologram konvensional serta dapat dibuat efek khusus yang menarik.

 3. Hologram Combination

Teknik pembuatan hologram ini merupakan penggabungan dari hologram konvensional dan dot matrik. Penampilan hologram ini lebih cerah dan ada kedalaman karena menghasilkan efek channeling, yaitu penggabungan 2 obyek berbeda dimana masing-masing gambar atau teks akan tampak bergantian pada sudut pandang yang berbeda pada satu area.

Hologram Overlay For Laminstion

Hologram jenis ini selain digunakan untuk packaging produk-produk obat-obatan, consumer good, elektronika, dan lain-lain,  juga untuk pembuatan ID Card, sampul majalah dan sampul buku.

Pada hologram ini kita dapat mengembangkan atau menambahkan security features, yang bertujuan untuk identifikasi khusus. Adapun feature-featurenya adalah :

  •      Microtext Hologram Bentuk image microtext hologram ini terdiri dari huruf atau teks yang sangat halus dan kecil sehingga tidak tampak oleh mata telanjang. Secara sepintas akan tampak bagaikan titik-titik atau garis-garis hologram saja. Namun setelah diamati dengan kaca pembesar akan tampak jelas huruf atau teks tersebut.
  •     Filtered Image Hologram Bentuk image pada hologram jenis ini hanya bisa diamati dengan ban-tuan alat berupa filter khusus berbentuk seperti klise film. Identifikasi di lapangan dilakukan oleh petugas yang telah diberi pengetahuan cara mendeteksinya. Hologram jenis ini pada umumnya digunakan untuk suatu background desain hologram.
  •    Hidden Text / Image Hologram Image hologram jenis ini digunakan untuk menyimpan dan menyembunyikan data informasi berupa teks atau gambar yang dapat dilihat dengan menggunakan alat khusus (laser pointer).

Kepustakaan

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Holografi
  2. globallavebookx.blogspot.com
  3. hologramozi.blogspot.com
KARYA ILMIAH TERBARU

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P4 (PREPARATION, PRESENTATION, PRACTICE, PERFORMANCE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI.IS.2 SMA N 1 PARIAMAN

SOSIALISASI NILAI KEMANDIRIAN DALAM KELUARGA (STUDI KASUS : 5 KELUARGA PENCETAK BATU BATA DI KORONG LABUAH NAGARI TOBOH KETEK KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIMAN)

RESPON ORANG TUA TERHADAP PENERAPAN SISTEM UKT DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

FAKTOR KURANG AKTIFNYA POSYANDU LANSIA MAWADDAH DI KELURAHAN BUNGO PASANG KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

PEMBAGIAN TUGAS DALAM KELUARGA PEDAGANG GARENDONG: STUDI KASUS KELUARGA PEDAGANG GARENDONG PEREMPUAN DI PASAR IBUH KOTA PAYAKUMBUH

PENYIMPANGAN PERILAKU SOPIR TRAVEL LIAR: STUDI KASUS 3 SOPIR TRAVEL TRAYEK SUNGAI PAKNING- PEKANBARU

Proyek Akhir

EVALUASI PERENCANAAN JAM KERJA ALAT PEREMUK MOBILE CRUSHER II, LIMESTONE CRUSHER II, LIMESTONE CRUSHER IIIA, LIMESTONE CRUSHER IIIB, UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI TAHUN 2013 DI PT. SEMEN PADANG, BUKIT KARANG PUTIH, INDARUNG, KECAMATAN LUBUK KILANGAN, KOTA PADANG

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SALIDO KAB. PESISIR SELATAN BERBASIS WEB

PEMASANGAN TUTUP GALON AIR MINUM OTOMATIS BERBASIS PLC

EVALUASI KESESUAIAN KAPASITAS POMPA DENGAN VOLUME AIR YANG MASUK KE KOLAM PIT BARAT DAN PIT TIMUR DI PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA

EVALUASI KEMAMPUAN MESIN ANGIN PADA LORONG MANUAL LOBANG PENAMBANGAN BATUBARA D-04 CV. PUTRI SURYA PRATAMA NATURAL

EVALUASI KESESUAIAN KAPASITAS POMPA DENGAN VOLUME AIR YANG MASUK KE KOLAM PIT BARAT DAN PIT TIMUR DI PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA: TAMBANG TERBUKA PT. ARTAMULIA TATA PRATAMA MUARA BUNGO, JAMBI

Tugas Akhir

HUBUNGAN FANATISME DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA K-POPERS (PENGGEMAR K-POP) DI KOTA PADANG

ANALISIS JANUARY EFFECT PADA SAHAM YANG TERGOLONG KE DALAM MAIN BOARD INDEX(MBX) DI BURSA EFEK INDONESIA

PENGARUH STRES KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN PADA PT. PRIORITAS CABANG LUBUK BASUNG

MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADATOKO NELA

TATA CARA PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN PADA UNIT PELAYANAN TEKNIS DINAS (UPTD) SAMSAT PADANG

ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PIUTANG PADA KOPERASI SEJAHTERA ABADI

Tesis

PEMAHAMAN SISWA TERHADAP EMPAT PILAR KEBANGSAAN DI SMP NEGERI 2 TANAH TUMBUH KABUPATEN BUNGO

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 2 PADANGSIDEMPUAN

KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP REGULASI DIRI SISWA MEMBOLOS DI MAN 2 PAYAKUMBUH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP REGULASI DIRI SISWA MEMBOLOS DI MAN 2 PAYAKUMBUH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA SMK NEGERI 6 PADANG

PENGARUH LATIHAN METODE INTERVAL DAN METODE KONTINYU TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS 400 METER ATLET RENANG TEPIAN RAJO KOTA JAMBI

Disertasi

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)BERBASIS MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

THE IMPLEMENTATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING IN TEACHING ENGLISH BUSINESS LETTER WRITING TO THE XII th GRADE STUDENTS OF SMK N II BUKITTINGGI

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJASAMA, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMPN SE-KABUPATEN PASAMAN BARAT

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFISIENSI KERJA PEGAWAI ADMINISTRASI DI PENGADILAN NEGERI SUMATRA BARAT.

MODEL PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERKELANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (STUDI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI KOTA PADANGSIDIMPUAN)

FAKTOR-FAKTOR DOMINAN YANG BERPENGARUH DALAM PERENCANAAN ARAH KARIR (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI KOTA PARIAMAN)

Karya Ilmiah Dosen / Karyawan

PROGRAM PROFESI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS NILAI-NILAI 8TH HABITS

PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PERATURAN METERI NO. 58 TAHUN 2009

PENGETAHUAN TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN, SIKAP, DAN MOTIVASI GURU

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND

THE EFFECT OF WIGHT TRAINING WITH FAST AND SLOW RHYTM MOVEMENT TOWARDS STRENGHT ENHANCEMENT

PERCEPTION STUDENTS AGAINST MODIFICATION OF LEARNING THROUGH SMALL GAME IN EDUCATION SPORT AND PHYSICAL HEALTH IN JUNIOR HIGH SCHOOL

Laporan Penelitian

KENDALA YANG DIHADAPI MAHASISWA PENJASKESREK FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG DALAM PENYELESAIAN PERKULIAHAN

STUD1 KOMPARATIF SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN GURU TEKNOLOGI & KEJURUAN DI INDONESIA DENGAN INSTITUTE TECHNOLOGY AND EDUCATION UNIVERSTAT RREMEN (JERMAN)

PROFESIONALISME PENDIDIK DAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM ORIENTASI TEKNIS GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI TK PERTIWI VI KOTA PADANG

EFEKTIVITAS OUTBOUND DALAM PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK TK PERTIWI VI KOTA PADANG

E-Books

ESSENTIALS OF PSYCHOLOGICAL TESTING

ESSENTIAL GUIDE TO FOOD ADDITIVES

ENVIRONMENTAL EPIDEMIOLOGY

ENVIRONMENTAL TOXICOLOGY

ENVIRONMENTAL TOXICOLOGY

FACTS ON FILE SCIENCE EXPERIMENTS: ENVIRONMENTAL SCIENCE EXPERIMENTS


JURNAL